Sayembara lagu arema berhadiah menarik bagi pemenang, ayo kirimkan jawabanmu dengan sms ke : 0818383911, Pemenang akan diumumkan tanggal 31 Agustus 2019. Link video ada di berita ya !

Kabupaten Malang

Kabupaten Malang -08- 31 19:43

Atasi Kekeringan, ACT Malang bersama Pemerintah Kabupaten Malang Distribusikan Air Bersih


act malang bersama pemerintah kabupatan malang untuk atasi kekeringan


ameg.id- Semakin meluasnya dampak kekeringan yang melanda wilayah Indonesia, berdasarkan Prakiraan dari BMKG sebanyak 64,94% wilayah Indonesia sedang mengalami curah hujan kategori rendah. Sehingga kemarau panjang ini melanda sejumlah wilayah Indonesia salah satunya di kabupaten Malang.

Sebagai ikhtiar mengatasi dampak kekeringan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Malang menggelar konferensi pers dan pelepasan humanity water tank bersama instansi pemerintahan kabupaten Malang BPBD, BMKG, dan mitra-mitra ACT Malang. Acara ini berlangsung digelar di halaman Pendopo Kantor Bupati Malang dan dilepas oleh perwakilan Bupati Malang Drs. Irianto M.Si dengan iringan humanity water tank, Sabtu (31/8).

Kolaborasi antara instansi pemerintahan Kabupaten Malang bersama ACT Malang yang merupakan lembaga kemanusiaan ini bertujuan untuk memberikan informasi terbaru kepada ACT terkait hasil monitor dan peringatan dini terkait wilayah wilayah yang berpotensi mengalami kekeringan.

Drs. Iriantoro, M.Si sebagai perwakilan Bupati Malang mengapreasiasi langkah ACT Malang yang baru saja berkiprah di Malang ini turut peduli atas bencana kekeringan di  Kabupaten Malang.

“Kami sebagai pemerintah Kabupaten Malang mengucapkan terima kasih kepada ACT Malang atas segala perhatian dan dukungan kepada masyarakat mudah-mudahan dapat mengurangi penderitaan kekeringan yang di landa sekarang ini,” terangnya.

Badan meteorologi klimatologi dan geofisika BMKG memperkirakan kemarau panjang di sebagian titik daerah di Indonesia dan sekitar 92% wilayah Indonesia mengalami kemarau dan Puncak tersebut pada Agustus September diperkirakan sampai Oktober 2019.

Turut hadir Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Bambang Istiawan juga menyampaikan, dengan kehadiran aksi peduli kekeringan yang dilakukan oleh ACT Malang, tentu ini sangat membantu dalam menanggulangi krisis kekeringan yang melanda di Kabupaten Malang. Menurutnya, bencana kekeringan yang terjadi di Kabupaten Malang saat ini terdata ada 19 desa dari sembilan kecamatan.

“Itu ada di Sumbermanjing Wetan, Kalipare, Bantur, Gedangan, Donomulyo, Pagak, Sumberpuncung dan beberapa kecamatan lainnya,” jelas Bambang

Sementara itu Branch manager ACT Malang Diki Taufik Sidik mengatakan, hari ini bukan hanya pertama, sebelumnya kami juga sudah menyalurkan bantuan sebanyak 20. 000 liter air bersih dibagikan untuk daerah terdampak kekeringan di Dusun Semampir desa ringinsari Kecamatan sumbermanjing Wetan selanjutnya kita akan terus menyusur ke enam titik daerah lainnya yang terdampak kekeringan di wilayah Kabupaten Malang.

“Atas amanah dari masyarakat kami akan supply air bersih ke warga desa-desa yang tertimpa kekeringan berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Malang, Harapannya program ini bisa memenuhi kebutuhan air masyarakat tersebut,” ujar pria sapaan Diki kepada Malangpostonline.com.

Lebih lanjut, Program Humanity Water Tank ini terlaksana karena adanya suatu kolaborasi kemanusiaan dengan beberapa Mitra seperti Yayasan Baitul Maal Perusahaan Listrik Negara UP 3 Malang (YBM PLN), Malang Strudel, Dea Barkery dan bolu Singosari.

“Kedepannya kami akan mengajak seluruh elemen masyarakat Malang Raya untuk turut peduli dan semoga banyak ikut partisipasi mengentas dampak kekeringan yang ada di Malang Raya,” pungkasnya. (act/jnr/ameg)


Viewer 102

Similar Post You May Like