Sayembara lagu arema berhadiah menarik bagi pemenang, ayo kirimkan jawabanmu dengan sms ke : 0818383911, Pemenang akan diumumkan tanggal 31 Agustus 2019. Link video ada di berita ya !

Kesehatan

Kesehatan -10- 07 13:03

BPJS Kesehatan Kenalkan Rujukan Horizontal Ke FKTP Malang Raya


bpjs kesehatan malang saat memperkenalkan rujukan horizontal ke fktp


ameg.id- Sejumlah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Kabupaten Malang antusias mengikuti sosialisasi penerapan rujukan horizontal yang digelar oleh BPJS Kesehatan Cabang Malang, Jumat (04/10). Acara sosialisasi ini dilaksanakan selama tiga hari berturut turut dengan mengundang FKTP di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Malang. Sebelumnya, kegiatan ini sudah disosialisasikan ke Dinas Kesehatan terkait pada tanggal 27 September 2019.

Acara yang dibuka oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang Hendry Wahjuni ini dihadiri oleh FKTP di wilayah Kabupaten Malang. Beliau menyampaikan bahwa JKN KIS merupakan program pemerintah, BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program JKN KIS telah berupaya menjalankan dengan baik sehingga harapannya FKTP sebagai mitra BPJS Kesehatan juga menjalankan kewajibannya dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku.

"Kami telah berupaya memenuhi kewajiban kami seperti pembayaran klaim dan kapitasi tepat pada waktunya sehingga harapan kami FKTP dapat menjalankan kewajibannya memberikan pelayanan kesehatan dengan baik,’’ tutur Hendry.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Malang Eka Yuni Kusdarwati memaparkan informasi terkait Rujukan Horizontal. Ia menjelaskan bahwa fokus rujukan horizontal ini diutamakan kepada pelayanan program pemerintah dan pelayanan non kapitasi sehingga dengan optimalisasi rujukan horizontal ini dapat membantu penguatan FKTP sebagai gate keeper.

“Dengan dilakukannya optimalisasi rujukan horizontal maka akan menguatkan fungsi FKTP sebagai gate keeper dengan mekanisme rujukan FKTP ke jejaringnya maupun rujukan antar FKTP ke FKTP lain beserta jejaringnya yang memiliki kemampuan dan kelengkapan sarana prasarana yang dibutuhkan, seperti contoh dari klinik pratama rawat jalan ke Puskesmas dengan fasilitas rawat inap,” ungkap Eka.

Pada implementasinya rujukan horizontal ini menggunakan aplikasi P-Care yang telah terintegrasi dengan aplikasi HFIS yang telah dilengkapi dengan hasil profiling masing-masing FKTP. Oleh karena itu diperlukan peran aktif dari FKTP untuk melakukan update profiling kelengkapan sarana dan prasarana dan kemampuan pelayanan FKTP di aplikasi HFIS.

“Kami harapkan agar FKTP memperhatikan update di apikasi HFIS agar dapat terlihat kesediaan pelayanan di masing-masing FKTP. Selain itu kami juga minta dukungan dari seluruh pemangku kepentingan baik itu asosiasi FKTP maupun Dinas Kesehatan  untuk mendukun rujukan horizontal,” kata Eka.

Perwakilan peserta sosialisasi dari Klinik Polres Malang, Bripka Didik, mengungkapkan dengan penjelasan dalam sosialisasi ini pihaknya berencana akan melakukan sosialisasi ke seluruh petugas medis di Klinik Polres Malang selain itu juga ke peserta JKN-KIS di Polres Malang.

“Kita akan sosialisasikan rujukan horizontal ini ke Klinik Polres Malang dan juga selanjutnya ke peserta BPJS di Polres sehingga nantinya apabila mereka dirujuk ke Puskemas yang tersedia sarana prasarana dibutuhkan tidak komplain karena yang mereka tahu jika dirujuk itu ke rumah sakit,” jelas Didik. (ar/ep/jnr/ameg)


Viewer 103

Similar Post You May Like