Sayembara lagu arema berhadiah menarik bagi pemenang, ayo kirimkan jawabanmu dengan sms ke : 0818383911, Pemenang akan diumumkan tanggal 31 Agustus 2019. Link video ada di berita ya !

Kesehatan

Kesehatan -08- 27 08:36

BPJS Kesehatan Malang Kenalkan Eclaim ke FKTP Malang Raya


bpjs kesehatan kota malang saat mengenalkan eclaim ke fktp malang raya


Jamkesnews, ameg.id- BPJS Kesehatan  terus berupaya mengembangkan sistem digitalisasi yang memudahkan pelayanan kepada peserta JKN KIS dan mitra BPJS Kesehatan. Kali ini telah mengembangkan sistem E-Claim Primer pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang Hendry Wahjuni pada dasarnya aplikasi ini untuk mempermudah proses verifikasi klaim pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

“Aplikasi ini harapannya memberi kemudahan FKTP dan Peserta, BPJS kesehatan terus berbenah untuk digitalisasi, kami ucapkan terima kasih untuk mitra BPJS Kesehatan yang turut serta agar pelayanan kepada peserta lebih baik,” tutur Hendry.

Digitalisasi klaim non kapitasi atau biasa disebut eclaim primer merupakan proses perekaman data klaim secara elektronik yang bertujuan untuk menyederhanakan proses pengajuan klaim non kapitasi oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang dapat digunakan sebagai dokumentasi data pelayanan peserta secara digital. Hal tersebut juga disampaikan oleh Eka Yuni Kusdarwati selaku Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer dalam memaparkan materi tentang eclaim.

“Hari ini kami mengundang FKTP yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Malang untuk kami berikan gambaran awal tentang proses E-Claim yang wacananya akan segera diimplememtasikan pada September 2019,” jelasnya pada saat ditemui Jamkesnews pada Selasa (27/08).

“Manfaat yang diharapkan dengan adanya E-Claim ini antara lain memudahkan pengajuan klaim, meminimalisir berkas klaim, meningkatkan kepastian pembayaran klaim oleh FKTP, FKTP memiliki catatan riwayat pelayanan peserta secara digital, dan memberikan kontinuitas pelayanan kesehatan, oleh karena itu diharapkan FKTP menginput data secara valid dan realtime pada aplikasi,” tambah Eka.

Sri Rahati selaku perwakilan Dinas Kesehatan Kota Batu juga mengungkapkan hal yang sama. “Menurut saya, dengan adanya perkembangan terbaru ini, FKTP diberi kemudahan dalam proses klaim, tidak banyak administrasi dan meminimalisir hardcopy,” jelas Sri.

Melihat penjelasan yang disampaikan Pihak BPJS Kesehatan Cabang Malang ini, Sri berharap agar aplikasi ini terus dikembangkan sehingga mempermudah kinerja FKTP tanpa mengurangi pelayanan kepada peserta.

Eka Yuni menguraikan e-Claim ini akan dapat berjalan dengan baik apabila FKTP memberikan komitmen penuh pada Program JKN-KIS, antara lain memberikan pelayanan berkualitas kepada peserta JKN-KIS, menyediakan jaringan komunikasi data sesuai spesifikasi, menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang pelayanan kepada peserta JKN-KIS, menjaga dan meningkatkan ketertiban dalam melakukan entri pelayanan secara realtime, dan menjaga validitasi dan kualitas entry pelayanan peserta JKN-KIS. (ar/ep/jnr/ameg)


Viewer 83

Similar Post You May Like