Sayembara lagu arema berhadiah menarik bagi pemenang, ayo kirimkan jawabanmu dengan sms ke : 0818383911, Pemenang akan diumumkan tanggal 31 Agustus 2019. Link video ada di berita ya !

Kesehatan

Kesehatan -09- 23 13:28

BPJS Kesehatan Malang Pastikan Faskes Sudah Daftarkan Seluruh Pekerjanya


bpjs kesehatan kota malang bekerja sama dengan faskes


Jamkesnews, ameg.id- Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan telah bekerjasama dengan Fasilitas Kesehatan (faskes), baik Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). Sebagai penyedia layanan kesehatan yang merupakan mitra BPJS Kesehatan sudah seharusnya patuh dan taat pada ketentuan yang ada. Fasilitas kesehatan sebagai mitra yang melayani masyarakat dan sebagai pemberi kerja terhadap pegawai Fasilitas Kesehatan tersebut harus terdaftar pada Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial menyatakan bahwa BPJS Kesehatan memiliki kewenangan melakukan pengawasan dan pemeriksaan kepatuhan peserta dan pemberi kerja dalam memenuhi kewajibannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan Jaminan Sosial Nasional. Dalam kegiatan ini kepatuhan fasilitas kesehatan terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional dimana fasilitas kesehatan tersebut sebagai mitra yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dalam menyelenggarakan Jaminan Kesehatan Nasional sudah sepatutnya patuh terhadap ketentuan yang ada.

Senin (16/09) bertempat di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Malang sejumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama diundang untuk menghadiri pemeriksaan kepatuhan badan usaha dalam penyampaian data pekerja.

Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Malang Roy Winandra, mengungkapkan bahwa Permeriksaan kepatuhan terhadap Fasilitas Kesehatan ini dilakukan karena ditemukannya ketidakpatuhan faskes tersebut terhadap kewajibannya sebagai penyelenggara jaminan kesehatan yang melayani masyarakat dan peserta Jaminan Kesehatan yang terdaftar di fasilitas kesehatan tersebut. 

“Tidak hanya kepatuhan faskes terhadap hal-hal yang berkaitan dengan prosedur pelayanan kesehatan ke peserta saja yang perlu diperhatikan, namun faskes yang juga merupakan badan usaha yang memiliki ijin operasional secara resmi wajib melaporkan data pekerja dan gaji sesuai dengan kondisi yang sebenarnya,” ujar Roy.

Lebih lanjut Petugas Pemeriksa BPJS Kesehatan Kantor Cabang Malang Yohan Ratih Fadhila mengatakan bahwa BPJS Kesehatan selama ini sudah melakukan pembayaran kewajiban kepada fasilitas kesehatan berupa kapitasi kepada FKTP yang bekerja sama sesuai dengan jumlah peserta terdaftar disana, jadi sangat wajar apabila faskes harus mendaftarkan pegawai mereka dan membayar iuran Jaminan Kesehatan Nasional sebesar jumlah pegawai mereka yang terdaftar.

Saat ditemui tim Jamkesnews, Shinta, perwakilan salah satu apotek mitra BPJS Kesehatan Cabang Malang, mengungkapkan bahwa dengan adanya pemeriksaan kali ini, ia dapat mengetahui peraturan yang sebelumnya belum ia ketahui, terutama tentang kewajiban pekerja mendaftarkan pekerjanya menjadi peserta JKN-KIS.

"Kami jadi mengetahui aturan tentang kalau misalnya ada pegawai yang suaminya sudah didaftarkan di perusahannya maka pegawai tersebut tetap harus di daftarkan juga sebagai pekerja di sini,’’ujar Shinta.(ar/ep/jnr/ameg)


Viewer 63

Similar Post You May Like