Kesehatan

Kesehatan -10- 22 10:17

BPJS Kesehatan Malang Sosialisasikan KBK Ke Seluruh FKTP


bpjs kesehatan malang saat menggelar sosialisasi tentang kapitasi berbasis kinerja kepada fktp


Jamkesnews, ameg.id- BPJS Kesehatan sebagai lembaga pengelola Program JKN-KIS terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan serta efektivitas dan efisiensi Jaminan Kesehatan. Salah satunya dengan memaksimalkan peran serta dari mitra BPJS Kesehatan melalui penerapan sistem Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Malang, Eka Yuni Kusdarwati dalam pertemuan yang mengundang seluruh FKTP di Malang Raya, Kamis (17/10) tersebut mengungkapkan bahwa penerapan sistem pembayaran kapitasi melalui KBK ini masih diperlukan perubahan indikator KBK yang berorientasi pada output.

"Sesuai rekomendasi Tim Monitoring dan Evaluasi KBK, masih diperlukan perubahan indikator KBK yang berorientasi pada output atau mutu, sehingga bisa tercapai kualitas mutu pelayanan di FKTP secara optimal,’’ jelas Eka

Dari hasil monitoring dan evaluasi secara nasioanal masih diperlukan pengembangan indikator, sehingga terbitlah Peraturan BPJS kesehatan Nomor 7 Tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembayaran Kapitasi Berbasis Kinerja. Dalam penyusunan regulasi tersebut melibatkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Asosiasi FKTP (PB IDI, PP Asklin, PP PKFI, PP Adinkes). Selanjutnya sejak Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 7 Tahun 2019 ini diundangkan, maka Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 2 Tahun 2017 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Saat ini jumlah FKTP di seluruh Indonesia yang melaksanakan KBK 18.536 dari total seluruh jumlah FKTP yaitu 22.072 atau 84%. “Setiap FKTP harus lebih optimal dalam meningkatkan capaian masing-masing indikator KBK ini, salah satu indikatornya yaitu angka kontak, dapat diperoleh dari kunjungan sakit maupun sehat, namun dihitung per nomor peserta dan dilaksanakan baik didalam gedung FKTP maupun di luar FKTP misalnya Posyandu, Posbindu dan lain lain,” ujar Eka dalam kegiatan yang diadakan di ruang pertemuan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Malang tersebut.

Eka berharap dengan diterapkannya sistem KBK pelayanan di FKTP, maka peran FKTP dalam meningkatkan kualitas mutu pelayanan kepada peserta menjadi lebih optimal. Sehingga dapat memberikan manfaat terutama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Dr. Aulia, perwakilan dari Klinik Kimia Farma Bromo ketika diwawancarai Tim Jamkesnews berpendapat bahwa sistem KBK ini bagus untuk meningkatkan profesionalisme FKTP dalam melayani peserta JKN-KIS. "Dengan adanya KBK ini FKTP menjadi lebih profesional dalam memberikan pelayanan,’’ tutur Aulia.(ar/ep/jnr/ameg)


Viewer 150

Similar Post You May Like