Selamat Datang Di Aremamediaonline berita Cepat, Tanggap dan Akurat

Seni Budaya

Seni Budaya -03- 14 19:07

Budaya Tradisi Jawa Timur Hadir Di Matos


istimewa


aremamediaonline.com- Menginjak 3 Dekade Lippo Malls Indonesia, Malang Town Square (Matos) menggelar kegiatan bertajuk Eksotika Budaya Jawa Timur untuk menyemarakan ulang tahunnya. 

Berbagai macam hiburan eksotika budaya Jawa Timur akan disuguhkan seperti pameran kuliner tradisional, kerajinan & seni budaya, dan keragaman alat musik daerah.

Selain itu, beragam kompetisi menarik yang mengangkat budaya daerah akan menambah kemeriahan acara. Kompetisi ini meliputi lomba Fashion Busana Batik, Tari Tradisional, Lomba Mewarnai Topeng, dan Lomba Karya Vlog bertema budaya khas daerah.  Kegiatan Eksotika Budaya Jawa Timur akan digelar pada 15 Maret hingga 24 Maret 2019.

"Event ini, kami akan bekerjasama dengan UMKM, Dinas Koperasi Kota Malang, Dinas Kebudayaan Kota Malang, Yayasan Inggil, dan Museum Musik Indonesia untuk menggelar Bazar Kerajinan UMKM dan Festival Kuliner tradisi Jawa Timur," ungkap Marketing Communication Manager Matos, Sasmitha Rahayu.

Pembukaan Eksotika Budaya Jawa Timur di Matos rencannaya akan dibuka langsung Walikota Malang, Sutiaji, pada Jumat (15/3) pukul 18.30 WIB. Pembuka acara ditandai dengan dibukanya Bazar Matos Culture dan Food Festival. Untuk mengingatkan kembali pada zaman dahulu. Matos juga mengajak ibu-ibu dalam kegiatan workshop merajut pada Sabtu (16/3) mendatang.

Sementara pada Bazar Matos Culture dan Food Festival pengunjung akan menjumpai beragam kuliner dan jajanan zaman dulu seperti nasi besek, nasi jagung, nasi pecel, leker sejak tahun 1964 dari Tumpang, gulali, arbanat, serabi dna lain sebagainya. Harga yang dibandrol kisaran Rp 10 ribu hingga Rp 25 ribu. Selain itu akan ada pula pameran alat musik tradisional Jawa Timur dari Museum Musik Indonesia.

"Pada Minggu (17/3) kami ada kompetisi fashion busana batik mulai pukul 10.00 WIB yang diikuti oleh tiga kategori yaitu A (6-8 tahun), B (9-13 tahun), C (14-25 tahun), busana yang dikenakan bertema batik sedangkan persyaratan khusus untuk kategori A dan B wajib busana, make up, dan hair do mencerminkan kekhasan anak-anak," tandas Sasmitha.

Peserta akan merebutkan hadiah uang tunai dan give away dengan total hadiah sebesar Rp 5 juta. Selain itu, pada juga terdapat lomba tari kreasi tradisional, mewarnai topeng dan lomba karya Vlog bertema budaya khas daerah. 

Hasil karya diupload ke youtube dengan format judul #VLOG_LMI3DEKADE dalam bentuk format film MP4 dengan durasi maksimal 10 menit (resolusi HD minimal 720 x 480 pixel & widescreen 16:9). Lomba Vlog dimulai pada 4 Maret sampai 28 Maret 2019 dan pemenang akan diumumkan melalui instagram Matos pada Sabtu (30/3) mendatang.

"Melalui kegiatan ini kami ingin melestarikan budaya daerah Jawa Timur yang hampir punah sekaligus ajakan agar kaum muda tahu dan tidak melupakan budaya daerahnya sendiri," tandasnya.(mp/ameg)


Viewer 78

Similar Post You May Like