Sayembara lagu arema berhadiah menarik bagi pemenang, ayo kirimkan jawabanmu dengan sms ke : 0818383911, Pemenang akan diumumkan tanggal 31 Agustus 2019. Link video ada di berita ya !

Pendidikan

Pendidikan -11- 12 17:24

Diskusi Ilmiah Pilar-Pilar Budaya Tionghoa Bersama Prodi Sastra Cina FIB UB


saat diskusi ilmiah budaya tionghoa bersama fib ub


ameg.id-Dalam meningkatkan wawasan mahasiswa terkait budaya tionghoa , Program Studi Sastra  Cina Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya (FIB UB) menggelar  diskusi ilmiah dengan  mendatangkan  pengamat budaya Tionghoa Ardian Cangianto yang membahas hal-hal yang terkait  pilar-pilar Budaya. 

Banyak tradisi dalam Budaya Tionghoa yang ditafsirkan secara berbeda –beda oleh orang Tionghoa sendiri, dimana sering menyebabkan  pertentangan diantara masyarakat Tionghoa sendiri. Dikarenakan hal itu Program study sastra  China Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya Mengadakan diskusi ilmiah tentang  pilar-pilar budaya  Tionghoa. Dalam kegiatan yang dilaksanakan digedung A Fakultas Ilmu Budaya  U B ini, mendatangkan pengamat budaya  Tionghoa, Ardian Cangianto.

Ketua panitia kegiatan diskusi ilmiah ini, Nadia Miranti mengatakan:  “Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan budaya Tionghoa di Indonesia dimana belum banyak diketahui masyarakat. Selain itu keragaman budaya yang dimiliki Indonesia masih memiliki struktur  Tionghoa ” jelasnya. 

Nadia juga menambahkan bahwa di dalam pilar-pilar budya Tionghoa sendiri mengandung nilai-nilai filsafat yang baik bagi kehidupan yang bisa ditemukan.

Dalam materi yang diberikan pada diskusi ilmiah ini juga membahas budaya Tionghoa  lebih jauh, mulai dari kebiasaan masyarakat Tionghoa juga festival-festival Tionghoa di Indonesia yang dirasa memiliki berbagai nilai.

Seperti yang dikatakan Ardian: “Melalui materi pilar-pilar budaya Tionghoa , mahasiswa akan dapat lebih paham dan mendapatkan wawasan bagaimana mereka melihat budaya Tionghoa dan suku-sukunya sehingga mereka  memiliki kemampuan guna  mempersiapkan skripsinya”, tegasnya.

“Hal ini dikarenakan di dalam pilar-pilar budaya Tionghoa banyak memiliki nilai-nilai penghormatan , makanan, kekerabatan, kesetiaan dan keharmonisan", imbuhnya.

Diharapkan melalui kegiatan ini, keragaman budaya di Indonesia  tidak akan punah dan terus mampu dilestarikan oleh lapisan masyarakat. (jf/dk/ameg)


Viewer 61

Similar Post You May Like