MARI PUTUS MATA RANTAI PENYEBARAN COVID-19. GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH - CUCI TANGAN DENGAN SABUN - DIRUMAH SAJA JIKA TIDAK ADA KEPERLUAN

Kabupaten Malang

Kabupaten Malang -05- 30 15:26

Exit Tol Pakis Difungsikan, H-5 Hingga H+4 Lebaran


istimewa


ameg.id- Dilansir dari malangpostonline.com, PT Jasa Marga Pandaan Malang akan memfungsionalkan Seksi 4 tol Malang Pandaan. Rencananya, fungsional tol yang menghubungkan Singosari- Pakis ini difungsikan selama 10 hari. Mulai H-5 lebaran hingga H + 4 lebaran. Fungsional tol ini dilakukan untuk mengurai kemacetan di wilayah Malang Utara.

"Dari hasil rapat koordinasi antara PT Jasamarga Pandaan Malang dan Polres Malang, seksi 4 tol Malang Pandaan akan difungsionalkan  sementara. Rencananya H-5 atau mulai tanggal 31 Mei lusa," kata Direktur Tehnik PT Jasamarga Pandaan-Malang, Siswantono.

Dan dia menegaskan, fungsional tol ini hanya untuk arus keluar saja. "Secara teknis fungsional seksi empat ini akan dilakukan jika  terjadi penumpukan kendaraan di gerbang tol Singosari. Ada dua strategi, yaitu kendaraaan yang melintas diarahkan ke pintu keluar tol Lawang, atau ke Pakis. Itu melihat situasinya dulu," tambahnya.

Siswantono mengatakan, fungsional ini dilakukan untuk melayani warga yang melakukan aktifitas mudik atau balik saat libur lebaran. "Pada saat musim libur lebaran, jumlah kendaraan yang melintas di tol umumnya meningkat dua kali lipat. Nah agar tak terjadi penumpukan, maka dilakukan penguraian dengan cara ini," tambahnya.

Kendati demikian, pihaknya mengaku sudah menyiapkan skema. Yaitu tol tidak fungsional 24 jam. Melainkan akan dibuka pada pukul 07.00 hingga pukul 17.00 saja. Kendaraan yang akan keluar di Pakis, langsung melewati singosari.

"Barier menuju tol Pakis nanti dibuka. jadi kendaraan bisa langsung melintas kesana," ungkapnya.

Mengacu pada data hari-hari biasa, kendaraan melintas di tol Mapan mencapai 19 ribu sampai dengan 20 ribu. Dari jumlah kendaraan itu, 50 persen mengarah ke Batu dan sisanya mengarah ke Malang.

"Itu hari biasa, kekalau libur lebaran naik dua kali lipat, dan prediksi kami, kendaraan yang melintas di seksi empat nanti jumlahnya mencapai 7000 an," tambahnya.

Siswantono juga mengatakan, sampai dengan saat ini pembangunan seksi empat tol Mapan sudah mencapai 95 persen. Dan saat ini pengerjaan tol tinggal pembersihan dan finishing.

"Jalan semuanya sudah dibeton, PJU juga sudah dipasang, marka dan rambu-rambu juga sudah dipasang, tinggal pelebaran jalan di exit saja, sama pembersihan," tambahnya.

Siswantono mengatakan, setelah pembangunan selesai pihaknya langsung mengajukan sertifikat laik fungsi. Ini wajib dilakukan sebelum tol tersebut operasional. Baru setelah semuanya beres, seksi empat tol pun dapat dioperasionalkan.

"Target kami awal Juli sudah dioperasionalkan. Sekarang sedang dilakukan finishing,"tandasnya. (mp/ameg)

Terus simak berita-berita terupdate lainnya hanya di malangpostonline.com dan jangan lupa download aplikasi ameg.id di playstore smartphone anda.


Viewer 1800

Similar Post You May Like