Sayembara lagu arema berhadiah menarik bagi pemenang, ayo kirimkan jawabanmu dengan sms ke : 0818383911, Pemenang akan diumumkan tanggal 31 Agustus 2019. Link video ada di berita ya !

Kabupaten Malang

Kabupaten Malang -09- 19 08:14

Hari Pertama Fit And Propertest, Sekda Kabupaten Malang Tidak Hadir


istimewa


ameg.id- Dari malangpostonline.com, Tujuh dari delapan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang mendaftar di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengikuti fit and propertest di kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jatim. Tujuh calon tersebut masing-masing, Dr Hasan Abadi, Wibi Dwi Andriyas, Juma'ali, Wahyu Eko Setiawan, Hendik Arso, dr Umar Usman, dan Diki Sulaiman. Sementara Ir Didik Budi Muljono, tidak hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka penjaringan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Malang tersebut.

Sekretaris DPD PDIP Jatim Dra Sri Untari Bisowarno MAp, membenarkan jika Didik tidak hadir dalam fit and propertest tersebut. Namun demikian, PDIP memberikan toleransi, dan memberikan kesempatan pria yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Malang ini untuk mengikuti.

"Pak Didik tidak hadir karena ada kegiatan di Gedung Grahadi yang tidak bisa ditinggalkan. Beliau akan mengikuti fit and propertest besok (Kamis)," kata Untari. Untari mengatakan, jika fit and propertes ini digelar selama dua hari, yaitu Rabu (18/9) sampai dengan Kamis (19/9). Fit and Propertes wajib diikuti oleh seluruh bakal calon yang mendaftar di PDIP.

"Fit and propertest ini diikuti oleh seluruh bakal calon yang sudah mendaftar di DPC PDIP seluruh Jawa Timur. Jumlah total pedaftar 133  orang. Dan hari ini fit and propertes diikuti oleh 59 orang. 

Dalam fit and propertest ini, para bakal calon ditanya terkait kesiapannya mengikuti konstestasi pilkada tahun 2021 mendatang. Kesiapan itu mulai dari jaringan, pendanaan dan lain sebagainya. 

"Untuk Kabupaten Malang yang tadi ikut fit and propertest semuanya menyatakan kesiapannya," tambah Untari. 

Dia juga menyebutkan, fit and propertest ini merupakan bagian penggalian informasi terhadap seluruh bakal calon yang mendaftar di PDIP. 

Harapannya melalui fit and propertest ini, PDIP menemukan bakal calon yang memenuhi kebutuhan dan kepentingan partai dalam memenangkan Pilkada.

"karena dalam fit and propertes ini kami melakukan penggalian informasi. Kami juga menggali visi dan misi para calon, bagaimana mereka membangun dan memajukan daerahnya masing-masing," tambahnya. 

Untari sendiri menyebutkan, hasil dari fit and propertes ini nantinya akan diserahkan ke DPP PDIP. 

"Siapa yang terpilih nanti, itu kewenangan dari DPP," katanya.

Sementara salah satu bakal calon yang mendaftar melalui DPC PDIP Kabupaten Malang adalah dr Umar Usman. Kepada Malang Post, pria yang menjabat sebagai Ketua PCNU Kabupaten Malang ini mengaku mengikuti fit and propertest  dengan lancar. Ya, sekalipun persiapannya sangat minim, tapi dia sangat bersukur dapat menjawab seluruh pertanyaan panelis dengan lancar. 

Dr Umar sendiri menyebutkann baru mengetahui jadwal fit and propertest Selasa (17/9) lalu. "Ada surat dari DPC PDIP tentang jadwal pelaksanaan fit and propertes. Hari ini saya berangkat," katanya. Umar mengaku berangkat dari rumahnya sendirian, pukul 06.00 dan sampai di Kantor DPD PDIP Jatim pukul 08.00. Dia mendapatkan nomor urut 37. 

Umar mengatakan,  saat mengikuti fit and propertest ada beberapa materi yang ditanyakan oleh panelis. Diantarannya terkait penguasaan para bakal calon terhadap ilmu pemerintahanan, penguasaan terhadap partai, dan wawasan kebangsaan. 

"untuk materi tentang wawasan kebangsaan saya menjabarkan tentang kebhinekaan. Di dalam Islam digambarkan tentang agama yang rahmatan lil alamin. Dimana dalam agama ini sangat mendukung kebersamaan, dan menghormati perbedaan," katanya. Sedangkan untuk pemerintahan, Usman mengatakan dirinya menjabarkan tentang nawacita presiden RI Joko Widodo harus dijalankan dengan sungguh-sunggu. Selain mengedepankan tentang keamanan, juga menjalankan roda pemerintahan dengan bersih dan bermartabat. "Selain itu saat berada di pemerintahan, pemerinta wajib memberikan jaminan kepada masyarakat sebuah pemerintahan yang bersih," ungkapnya. 

Selain tiga materi pertanyaan yang dijawab, pihaknya juga menjabarkan visi dan misinya menjadi calon kepala daerah. "Tadi Alhamdulillah semuanya lancar, termasuk saat memaparkan visi dan misi," tandasnya. (mp/ameg)


Viewer 58

Similar Post You May Like