Selamat Datang Di Aremamediaonline berita Cepat, Tanggap dan Akurat

Kesehatan

Kesehatan -06- 17 12:35

Ikuti Prosedur BPJS Kesehatan, Pasti Tidak Mengecewakan


ibu muniroh saat mengikuti program bpjs kesehatan kota malang


Jamkesnews, ameg.id- “Saya senang BPJS Kesehatan siap dan responsif sekali dalam menanggapi keluhan peserta”, begitulah kalimat yang pertama kali disampaikan oleh Muniroh (46).

Ia merupakan salah satu jiwa yang sudah bergabung menjadi peserta JKN KIS sejak Januari 2015. Ia bercerita bahwa pertama kali menggunakan kartu JKN KIS di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) pada saat awal BPJS Kesehatan berdiri pernah ditarik biaya. Namun, karena Ia segera melaporkan ke BPJS Kesehatan, kejadian tersebut bisa langsung ditangani dan biaya yang ditarik oleh FKTP bisa dikembalikan.

Wanita berjilbab ini juga mengatakan bahwa setiap bulan harus melakukan kontrol ke rumah sakit untuk anaknya yang sakit.

“Setiap kali kontrol saya selalu ke Faskes I terlebih dahulu, setelah itu saya mendapat rujukan ke rumah sakit," lanjutnya.

Ia bersyukur sekali bahwa untuk pengobatan setiap bulan bisa dilayani dengan gratis. Tidak seperti sebelum adanya BPJS Kesehatan, Ia bersama keluarga harus mengeluarkan biaya lebih untuk hal tersebut.

“Alhamdulillah, semua obat yang diperlukan selama ini selalu terpenuhi tanpa biaya sedikitpun baik di FKTP maupun di rumah sakit tentunya,” jelasnya seraya menunjukkan kartu JKN KIS miliknya.

Selain pengobatan rawat jalan secara rutin, Ia mengaku juga memanfaatkan fasilitas bantuan alat kesehatan seperti kacamata sesuai dengan hak kelas untuk suami dan anak-anaknya. Ibu dengan dua orang anak ini juga menyampaikan bahwa dengan adanya BPJS Kesehatan baik secara perorangan maupun di suatu perusahaan tempat bekerja bisa sangat membantu.

“Nah,jika ada salah satu dari bapak atau ibu yang bekerja di suatu pabrik kan bisa dimanfaatkan untuk satu keluarga. Terlebih lagi yang namanya sakit, apa kita tahu kapan dan dampaknya nanti,” tegasnya.

Meskipun baru empat tahunan berjalan, namun BPJS Kesehatan sudah banyak membantu masyarakat dalam mengatasi risiko ekonomi karena sakit. Banyak peserta yang diselamatkan dari beban biaya cuci darah, operasi jantung, kanker, pengobatan stroke, dan berbagai penyakit kronis berbiaya tinggi lainnya. Termasuk dikarenakan adanya sistem gotong-royong yang ada di dalam BPJS Kesehatan.

“Bagi saya, memanfaatkan program JKN KIS ini bukan hanya menolong diri kita sendiri dan keluarga dekat, tapi juga bisa menolong orang lain, begitu kan sistemnya kalau saya tidak salah?," ujar Muniroh.

Ia terlihat sangat mendukung program pemerintah ini. Menurutnya, wajar saja program yang baru diluncurkan seperti ini dulu banyak yang masih meragukan. Masyarakat hanya perlu waktu untuk benar-benar memahami dan menjalankan semua peraturan yang sudah ada.  “Kalau kita sudah mengerti aturan dan prosedur di BPJS Kesehatan, kata “sulit” saya rasa tidak akan pernah ada” ujarnya. (fia/jnr/ameg)

Narasumber: Muniroh


Viewer 41

Similar Post You May Like