Sayembara lagu arema berhadiah menarik bagi pemenang, ayo kirimkan jawabanmu dengan sms ke : 0818383911, Pemenang akan diumumkan tanggal 31 Agustus 2019. Link video ada di berita ya !

Seni Budaya

Seni Budaya -05- 10 14:55

Jagongan Budaya, Menyoal Tentang Peran Pendidikan Seni


program arematv jagongan budaya menyaol tentang peran pendidikan seni di kota malang


ameg.id- Salah satu program unggulan dari Arema TV yakni Jagongan Budaya yang tayang setiap hari Kamis pukul 20.00 WIB, program ini selalu menghadirkan narasumber-narasumber yang pakar dalam bidangnya.

Kali ini tim Jagongan Budaya mengundang 2 narasumber yakni Maruto (seniman drawing point) dan Nur Ikhsan (perupa dan pengajar seni UB) yang akan membirakan opini tentang Pendidikan di bidang Seni selama 1 jam.

Nur Ikhsan selaku pengajar seni di Universitas Brawijaya mengatakan, "Istilahnya jual-jual sendiri, tanpa pernah mengembangkan imajinasi tentang kepekaan, bagaimana kita saling berbagi, bagaimana kita saling belajar, bagaimana kita mau mengarah ke kesenian sedangkan kesenian ini arahnya bukan ke persaingan, ini adalah saling belajar dan berteman kalo bersaing bagaimana saling berbaginya kan gtu. Karena kita gamau tau itu kalo kita mau tau banyak kok temen-temen yang baik-baik saja hidupnya baik-baik saja dengan keluarganya dan mereka mencukupi istilahnya kita memakai paradigma yang berbeda mau berpandangan maaf ekonomi kita begini begini, temen-temen kesenian mereka tidak bekerja jam 8 sampai jam 4 tapi bisa jadi jam 9 sampek subuh bisa jadi dia tidak bekerja sama sekali , kalo dia mengira itu kerja tapi kalo tetangga yang mengira itu buang2 waktu itu paradigma bisa dibuat pembaca jadi kalo kita mau meluangkan waktu untuk mengubah paradigma kita kita bisa menerima oh dia ini orang baik2 dia memilih jalan alternatif lain yang tidak strees tidak tegang tidak berbenturan", ungkapnya.

"Sebenarnya kalo diliwayah pameran menjaga imej pameran itu gimana ee kalo dulu seniman itu harus gondrong tapi untuk menarik suatu pameran itu memang bener-bener dijaga harus rapi, kalo diluar negeri penghargaan seniman itu sangat tinggi kalo disini sangat sedikit, karena sudah sejarahnya seperti itu karena sudah menjadi gaya hidup di indonesia", imbuhnya

Selain itu Maruto selaku pelaku Seni Drawing Point mengatakan, "Kalo dulu ketika ngomongin masalah seni rupa kita coba diwilayah seni lukis dengan aliran2 modern apa kontenporer lah banyak dinamis ada yang bikin perfom itu memaku gunung didunia karya seninya dokumentasi sebenarnya ketika ngomong seperti itu seni dan itu lebih keseni interaktif dan melibatkan banyak hal dan berbagai aplikasi dan bisa memancing agar orang-orang terpancing dan tertarik dengan seni karena artinya ketika kita ngomong di area milenial seperti ini kan ketika sebuah lukisan bisa di aplikasikan dengan cara dan trik yang lain itu akan mengundang semua orang untuk melihatnya dan akan penasaran", Ujarnya.

Terus saksikan program Arema TV Jagongan Budaya yang selalu memberikan informasi-informasi seputar Kesenian yang berada di Kota Malang dan stay tune terus di Arema TV dengan berbagai macam program-program berkualitas. (jnr/ameg)


Viewer 150

Similar Post You May Like