Selamat Datang Di Aremamediaonline berita Cepat, Tanggap dan Akurat

Kota Batu

Kota Batu -03- 19 14:24

KPU Kota Batu Siapkan Alternatif Untuk Mengakomodir Pemilih Tambahan


istimewa


aremamediaonline.com- Persiapan pemilu berkembang dengan dinamis. Pelaksanaannya yang hanya menyisakan waktu kurang dari sebulan ini, membuat para penyelenggara pemilu terus memacu kerja secara ekstra agar pelaksanaannya berjalan sukses.

Salah satu komponen yang berkembang dinamis yakni data daftar pemilih. KPU Batu mencatat ada 800 pemilih tambahan yang masuk di Kota Batu saat ini. Pada medio bulan Februari lalu, daftar pemilih tambahan (DPTb) di Kota Batu sekitar 562 pemilih tambahan.

“Diperkirakan masih akan terus bertambah. Semula kami memiliki solusi untuk menambah tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS),” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu Saifudin Zuhri.

Sebelumnya, KPU Batu telah menambah tiga tempat TPS ke KPU Provinsi Jatim untuk mengakomodir meningkatnya jumlah pemilih tambahan seiring pengajuan data A5 atau surat pindah memilih.

“Tapi masih belum direalisasikan adanya usulan petunjuk teknis  penambahan TPS ini,” timpal dia.

Jika upaya penambahan TPS menemui jalan buntu, KPU Kota Batu mencari solusi alternatif, yakni dengan membagi DPTb itu di beberapa TPS sesuai dengan data yang ada.

Akan tetapi jika nantinya penambahan TPS itu dapat diwujudkan lanjut Saifudin, pihaknya akan langsung mempersiapkan TPS tersebut. Nantinya pembagian DPTb di TPS terdekat itu bisa jadi sepuluh orang untuk satu TPS.

Dan jumlah itu akan dibagikan di beberapa TPS terdekat terutama di area tempat pendidikan. Melihat memang DPTb itu rata-rata mereka yang menempuh pendidikan di Kota Batu. (mp/ameg)


Viewer 43

Similar Post You May Like