Sayembara lagu arema berhadiah menarik bagi pemenang, ayo kirimkan jawabanmu dengan sms ke : 0818383911, Pemenang akan diumumkan tanggal 31 Agustus 2019. Link video ada di berita ya !

Pendidikan

Pendidikan -09- 10 11:54

Mahasiswa Stisospol Waskita Dharma Kembangkan Budidaya Serai Menjadi Produk Herbal


istimewa


ameg.id- Dari malangpostonline.com, Potensi pertanian serai yang cukup besar di Desa Sidorejo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang, dimanfaatkan oleh Mahasiswa KKN Kelompok 4 Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Dan Politik (STISOSPOL) Waskita Dharma untuk mengembangkan budidaya serai menjadi satu produk herbal.  Produk tersebut berupa serbuk instan yang berkhasiat untuk kesehatan.  

Ketua KKN Kelompok 4 Waskita Dharma, Eko Wahyu Adi mengatakan pengolahan dan pembuatan produk herbal dari bahan serai dapat menjadi aset perekonomian desa kedepan. “Dan kalau kita pelajari khasiat serai ini sangat banyak untuk kesehatan. Diantaranya untuk mengobati kolesterol, rematik, saluran pencernaan dan lain-lain,” ujarnya. 

Ia yakin jika pembuatan serbuk serai dikembangkan dengan optimal, akan membantu perekonomian warga. Tinggal kesungguhan warga saja untuk mengolah serai yang ada menjadi serbuk herbal instan.  “Kami kira warga tidak akan kehabisan serai karena tanaman serai di desa ini melimpah,” katanya. 

Warga Desa Sidorejo sendiri sangat antusias terhadap program inovasi yang ditawarkan para mahasiswa. Terbukti dengan banyaknya permintaan warga terhadap dilaksanakannya sosialisasi dan pelatihan pembuatan produk tersebut. 

Dan tidak hanya satu dusun saja, tetapi banyak dusun yang tertarik dan meminta mahasiswa untuk memberikan pelatihan. “Mereka antusias sekali, kami melakukan proker sampai empat kali, bahkan bisa lebih hanya untuk menularkan ilmu kepada warga,” ungkap Eko. 

Hanya saja, kata dia, personil KKN yang hanya delapan mahasiswa tidak cukup untuk mengakomodasi seluruh permintaan warga. Sehingga hanya beberapa pelatihan saja yang bisa dilaksanakan. 

Selain pembuatan produk herbal berbahan serai, selama masa KKN mahasiswa juga telah melaksanakan program lain. Diantaranya penanaman bunga matahari sebanyak 150 polybag. 

Eko mengungkapkan, tanaman bunga matahari tersebut selain untuk penghijauan juga kenang-kenangan mereka untuk warga Sidorejo. Disamping itu kata dia, tanaman bunga matahari memiliki banyak manfaat, mulai dari bunga, tangkai, daun dan akarnya. “Ke depan kami ingin melihat desa Sidorejo menjadi desa wisata bunga matahari,” ungkapnya. 

Sabtu (7/9) lalu, mahasiswa KKN 4 Waskita Dharma melaksanakan kegiatan Malam Kenangan dan Keakraban KKN Waskita Dharma, sebagai penutupan KKN. Kegiatan tersebut dikonsep dengan pagelaran seni budaya oleh anak-anak desa setempat. 

Bekerjasama dengan seluruh Gubuk Baca yang ada di Desa Sidorejo, kegiatan pagelaran seni budaya sukses menghibur puluhan warga yang hadir dalam acara yang di gelar di Kantor Balai Desa tersebut.  

Dalam kesempatan itu, Dosen Pembimbing Lapangan, sekaligus Penanggung Jawab KKN Stisospol Waskita Dharma, Drs. H. Suryo Hartoko, M.Si menyampaikan terimakasih atas kesempatan yang diberikan Desa Sidorejo untuk para mahasiswanya. “Apa yang telah dilakukan oleh para mahasiswa merupakan wujud pengabdian yang ikhlas, mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat. Kami ucapkan terima kasih atas kerjasama dan kesempatan yang diberikan,” ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Desa Sidorejo Moh. Mundhir Ali, ST., merasa senang atas kehadiran mahasiswa Stisospol Waskita Dharma. Selama sebulan mahasiswa melakukan pengabdian, telah memberikan banyak manfaat untuk kemajuan desa. “Mereka sangat semangat membantu warga, terutama di bidang pendidikan dan memberikan pelatihan kepada anggota PKK,” ungkapnya. (mp/ameg)


Viewer 12

Similar Post You May Like