Sayembara lagu arema berhadiah menarik bagi pemenang, ayo kirimkan jawabanmu dengan sms ke : 0818383911, Pemenang akan diumumkan tanggal 31 Agustus 2019. Link video ada di berita ya !

Kabupaten Malang

Kabupaten Malang -11- 04 09:05

Manjakan Pelanggan, Luncurkan e-Transaksi


istimewa


ameg.id- Dari malangpostonline.com, Perumda Tirta Kanjuruhan terus berkomitmen memberikan layanan terbaik. Terbaru menerapkan program e-Transaksi. Melalui program ini, warga tak  perlu datang ke kantor layanan untuk bertransaksi. Cukup melalui gadget seluruh pembayaran dapat dilakukan secara online.

Program layanan e-Transaksi itu diluncurkan Senin (4/11) hari ini di Kantor Perumda Tirta Kanjuruhan, Jalan Raya Kebonagung, Pakisaji, Kabupaten Malang. Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, H Syamsul Hadi S.Sos, MM menjelaskan, e-Transaksi merupakan salah satu program kerja yang direalisasikan untuk menjawab permasalahan yang terjadi dalam penyelenggaraan pelayanan. Terutama pembayaran atau transaksi lebih cepat dan tepat.

“Ini merupakan komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat maupun pelanggan,” ungkapnya.

Transaksi yang dilayani melalui program ini, selain pembayaran tagihan air, juga pemasangan sambungan rumah baru. Tak hanya itu, buka kembali kran, balik nama, penggantian meter air dan stop kran, pindah posisi meter air hingga penggantian meter air kerena hilang.

Selama ini, diuraikan Syamsul,  proses pembayaran untuk penyelenggaraan pelayanan dilaksanakan secara tunai. Yakni dengan membayar langsung kepada petugas atau kasir dikantor unit pelayanan terdekat.

Dalam penerapannya, hal tersebut berpotensi terjadinya praktik pungutan liar. Sehingga berpengaruh kepada persepsi masyarakat atau pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan khususnya pemberlakuan standar biayanya.

“Sebelumnya kami melakukan review standar pelayanan. Hasil dari itu dituangkan dalam keputusan direksi yang mengatur standar pelayanan Perumda Tirta Kanjuruhan. Di dalamnya mengatur jenis layanan, proses pelayanan dan besaran biaya layanan yang digunakan sebagai standar pada 26 Unit Pelayanan,’’ katanya.

Dia menjelaskan, tidak ada lagi perbedaan biaya untuk pemasangan baru, atau mengganti kran. Artinya semua biaya layanan untuk wilayah Kabupaten Malang sama.

Syamsul  mengatakan, untuk pembayaran non tunai ini, masyarakat dapat melakukannya melalui aplikasi SIPIKA. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store.

”Jadi pelanggan harus lebih dulu membuka aplikasinya. Dari aplikasi itu nanti ada menu pilihan layanan, yang dapat dipilih sesuai yang dibutuhkan. Termasuk menu tagihan, setelah itu akan muncul permintaan untuk memasukkan kode bayar. Selain itu terdapat berbagai pilihan akses pembayaran, seperti Gojek, Shopee, Bukalapak dan blibli.com, ungkap Syamsul.

Lebih lanjut dia menjelaskan, masyarakat dapat melakukan pembayaran melalui beberapa bank yang bekerjasama dengan Perumda Tirta Kanjuruhan. ”Bisa melalui transfer di ATM, e-Banking, atau lainnya,’’ kata Syamsul. Pelanggan pun dapat membayar melalui Indomaret yang mudah ditemui.

Untuk mendukung program tersebut, Perumda Tirta Kanjuruhan bekerjasama dengan enam bank. Yaitu BTN cabang Malang, Bank Jatim cabang Malang, BNI Brawijaya, Bank Mandiri Syariah cabang Malang, Bank Mega Syariah cabang Malang, dan Bukopin cabang Malang.

Sementara itu, sebelum  launching e-Transaksi juga digelar’Sosialisasi Saber Pungli, Pencegahan Tipikor dan Penguatan Integritas’.   Kegiatan ini diikuti seluruh pejabat struktural Perumda Tirta Kanjuruhan, dan beberapa PDAM di Jawa Timur.

”Kami gelar sosialisasi agar seluruh proses pelayanan Perumda Tirta Kanjuruhan terhindar dari praktik pungli. Penyelenggaraan bisnis perusahaan diselenggarakan secara profesional, taat hukum dan ketentuan,” jelasnya.

Selain itu tambah Syamsul, memberikan kesadaran kepada pegawai untuk memiliki komitmen yang kuat, dan loyal kepada perusahaan. “Serta berintegritas dalam melaksanakan tugas yang menjadi tanggungjawabnya,’’ tandas Syamsul. (mp/ameg)


Viewer 28

Similar Post You May Like