Sayembara lagu arema berhadiah menarik bagi pemenang, ayo kirimkan jawabanmu dengan sms ke : 0818383911, Pemenang akan diumumkan tanggal 31 Agustus 2019. Link video ada di berita ya !

Seni Budaya

Seni Budaya -09- 03 19:03

Mini Residensi, Penetapan Harga Sebuah Karya Seni


mini residensi karya seni


Oleh Dr. MIKKE SUSANTO, S.Sn,. M.A

ameg.id- Penetapan harga atau nominalisasi atau pricing of art adalah proses mengestimasi nilai potensial karya seni dan dengan demikian lebih merupakan kajian yang terkait dengan keuangan daripada sekedar apresiasi estetika dalam pandangan subjektif. Sepertinya halnya definisi dasar mengenai "harga". Harga adalah nilai yang dimasukkan ke suatu produk atau jasa dan merupakan hasil dari satu set kompleks perhitungan, penelitian, dan pemahaman dan kemampuan pengambilan resiko.

Penetapan harga benda seni tentu saja melibatkan atau membandingkan sejumlah data dari berbagai sumber seperti rumah lelang seni, kolektor pribadi dan korporasi, kurator, kegiatan perdagangan seni, pemilik galeri, konsultan yang berpengalaman, dan analisis pasar khusus untuk sampai pada nilai. Setidaknya terdapat beberapa pendekatan, arena, serta seluk beluk dalam menentukan harga lukisan 

MENGAPA KARYA SENI NILAINYA TINGGI DIBANDING KOLEKSI LAINNYA

karena persoalannya yang dinilai tersebut adalag benda kreatif, hasil olah pikiran dan rasa, jumlahnya terbatas, dan memiliki beragam orientasi dan tujuan. Peminatnya luar biasa. Pangkal persoalan mengapa karya seni ketika dikaitkan dengan nilai nominal (benda ekonomi), menjadi sebuah benda misterius, "mistik", mahal dan eksklusif.

Lebih lengkapnya, yuk kepoin kegiatan  MINI RESIDENSI untuk mendapatkan ilmu-ilmu yang menarik. (dod/jnr/ameg)


Viewer 63

Similar Post You May Like