Sayembara lagu arema berhadiah menarik bagi pemenang, ayo kirimkan jawabanmu dengan sms ke : 0818383911, Pemenang akan diumumkan tanggal 31 Agustus 2019. Link video ada di berita ya !

Seni Budaya

Seni Budaya -04- 26 20:19

Pagelaran Hari Tari Sedunia dan Sarasehan Literasi Budaya Panji


museum panji mengadakan sarasehan literasi budaya panji


ameg.id- Hari Tari Sedunia di peringati di Malang (26/04/2019), dengan menggelar Sarasehan Literasi Budaya Panji  dan pagelaran Tari Panji dari anak anak sampai para penari sepuh, bertempat di Museum Panji Jalan Bangilan, Desa Slamet, Tumpang Kabupaten Malang.

Sedikit latar belakang tentang Cerita Panji, adalah pusaka budaya Nusantara yang berasal dari Jawa Timur dan pengaruhnya sudah menyebar ke berbagai Negara di Asia Tenggara, Cerita Panji mewujud dalam berbagai ekspresi Seni Pertunjukan, Seni Rupa, Relief Candi, Sastra Lisan dan Ratusan Naskah Kuno. Ketersebaran naskah-naskah Cerita Panji yang sangat bernilai itulah maka UNESCO menetapkannya sebagai Memory Of The World (MoW) pada tahun 2017.

Dwi Cahyono, sebagai pemilik Museum Panji mengatakan, " Hampir 95 persen orang tidak tahu bahwa Budaya Panji adalah Budaya asli Indonesia yang sudah terkenal di Luar Negeri,maka tujuan di adakannya sarasehan literasi Panji ini, untuk mengenalkan kepada penggiat seni panji dan jurnalis media, mengenai kompleksitas seni Panji tersebut. kemudian sarahsehan ini sebagai pembekalan kepada penulis dan media bahwa Budaya Panji bukan sekedar seni tari atau seni pertunjukan tetapi Panji merupakan sebuah literasi yang cukup kompleks" ujarnya.

Hari Tari Sedunia 2019 ini, diperingati dengan berbagai pertunjukan tari estafet dari kota ke kota, Malang, Jogja, Solo, Bali, Padang Panjang, dan Bandung, pembukaannya diadakan di Kota Malang dan dihadiri oleh pejabat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta sesepuh Budaya Panji, Prof.Dr.Ing Wardiman Djojonegoro.

"Rangkain acara ini akan membawakan tema Local Wisdom di Kota masing-masing, khusus di Malang di gelar tema 'Dance Of Panji' jadi semua tarian itu menyuarakan Budaya Panji", Imbuhnya.

Prof.Dr.Ing Wardiman Djojonegoro, berpesan, " Dengan diakuinya Budaya Panji sebagai Monumen Ingatan Dunia ( memory of the world ) sudah pasti budaya Panji ini akan dilindungi oleh Unesco, dan yang terpenting bagaimana memanfaatkan budaya Panji ini kemudian ke generasi selanjutnya."

Dwi Cahyono menambahkan "Tujuan di bangunnya museum Panji ini adalah untuk mengabadikan seluruh pengetahuan dan artefak Budaya Panji yang tersebar di Asia Tenggara ini, untuk bisa di nikmati masyarakat luas dalam satu tempat dan sekaligus menjadi pusat pengetahuan tentang melindungi yang sakral dan mengembangkan kemanfaatannya dari budaya Panji, dan terpenting Budaya Panji ini berasal dari wilayah Malang, kita harus bangga itu. " pungkasnya. (yos/jnr/ameg)


Viewer 161

Similar Post You May Like