Sayembara lagu arema berhadiah menarik bagi pemenang, ayo kirimkan jawabanmu dengan sms ke : 0818383911, Pemenang akan diumumkan tanggal 31 Agustus 2019. Link video ada di berita ya !

Kota Batu

Kota Batu -08- 06 12:30

Pastikan Hewan Kurban Sehat, Distan Gelar Pemeriksaan Kesehatan


istimewa


ameg.id- Dari malangpostonline.com, Menjelang hari raya Idul Adha 1440 hijriah, Dinas Pertanian Kota Batu memeriksa ratusan hewan kurban yang dijual di pinggir-pinggir jalan di Kota Batu Selasa (6/8) pagi. Pemeriksaan hewan kurban dilakukan sejumlah sembilan titik di tiga kecamatan.

Kabid Peternakan dan Perikanan Dinas Pertanian Kota Batu, Lestari Aji mengatakan pemeriksaan hewan kurban dilakukan untuk memastikan bahwa semua hewan kurban yang dijual di Kota Batu dalam keadaan sehat dan layak. Dengan pemeriksaan meliputi fisik yakni mata, gigi, kulit, hidung dan mulut, termasuk usia hewan kurban.

"Pemeriksaan hewan kurban ini bertujuan agar pembeli mendapatkan hewan yang layak untuk disembelih pada hari raya kurban nanti. Selain itu pembeli juga mendapat kepastian kalau hewan kurban telah menjalani proses cek kesehatan," ujar Aji kepada Malangpostonline.com 

Lebib lanjut, dari pengalaman tahun ke tahun. Cek kesehatan rutin ini tidak ditemukan penyakit berbaya seperti antraks. Khususnya di Kota Batu. Hanya beberapa hewan didapati terkena sakit mata dan langsung diberi pengobatan oleh tim kesehatan hewan. 

Setelah dilakukan pemriksaan, tempat penjual hewan kurban musiman ini kemudian diberi lebel oleh Dinas Pertanian bahwa hewan yang kurban sehat dan layak dijual. Pemberian label ditempatkan pada spandul penjualan dan tanda pada leher hewan kurban.

Sementara itu, Drh Utami Kurniawati, Dokter Hewan di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Batu menambahkan, jika pemeriksaan dilakukan secara klinis dan tidak ada pemeriksaan lebih lanjut. 

"Pemeriksaan hanya kami lakukan secara klinis. Jika diketahui terkena penyakit berbaya dan tak layak potong akan kami cut. Sedangkan hewan yang terkena sakit mata langsung kami berikan antibiotik," bebernya. 

Ia juga menghimbau bagi masyarakat yang akan membeli sebaiknya memilih hewan yag telah ditandai sehat oleh Dinas Pertanian. Serta indikasi paling mudah bagi masyarakat umum untuk memilih hewan kurban adalah lincah.

Hingga berita ini diterbitkan, Dinas Pertanian Kota Batu tengah melakukan pengecekan kesehatan di tiga titik penjualan. Yakni Jalan Pattimura dan dua tempat di Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Sisir, Kecamatan, Kota Batu.

Rencananya cek kesehatan hewan kurban akan digelar hingga hari H, Minggu (11/8) ini. Sebagai catatan pada tahun lalu, untuk pemeriksaan hewan kurban sejumlah 45 ekor sapi dan 480 ekor kambing. Sedangkan tahun ini diperkirakan jumlah hewan kurban meningkat hingga 10 persen. (mp/ameg)


Viewer 18

Similar Post You May Like