Sayembara lagu arema berhadiah menarik bagi pemenang, ayo kirimkan jawabanmu dengan sms ke : 0818383911, Pemenang akan diumumkan tanggal 31 Agustus 2019. Link video ada di berita ya !

Pendidikan

Pendidikan -10- 14 13:03

Pemahaman Sejarah, Seminar Unidha Hadirkan Pembicara Asing


istimewa


ameg.id- Dari malangpostonline.com, Keberagaman suku dan agama di Indonesia, adalah aset dan anugerah. Namun, jika salah dalam pengelolaan, bisa memicu gesekan bahkan ancaman persatuan. Sebab itu, penting sekali mengingat dan memahami sejarah bangsa.

Universitas Wisnu Wardhana (Unidha) Malang, dengan mahasiwa dari berbagai daerah, terus berupaya membesarkan persatuan bangsa. Bahkan, melalui diskusi seminar International, Unida mengajak masyarakat mengingat kembali perjuangan persatuan bangsa dan melek sejarah.

"Menyikapi Indonesia, beberapa lokasi sedang ada konflik dan banyaknya pendapat, kami laksanakan diskusi untuk keutuhan bangsa. Materi sejarah, mengingatkan kembali bahwa para pejuang tidak memandang asalnya," kata Wakil Rektor I Unidha, Suharto, MPd, Sabtu (11/10).

"Namun satu tujuannya, untuk NKRI. Masih ingat pesan presiden pertama kita tentang Jasmerah, yang berarti jangan melupakan sejarah," tambahnya. Pihaknya juga menghadirkan pembicara dari luar negeri. Menurutnya, dengan menjadikan orang luar negeri yang netral, akan memandang sejarah Indonesia dengan lebih obyektif. 

Menurutnya, tidak ada tendensi apa apa, dan menyampaikan secara keseluruhan dan utuh. "Untuk pembicara, kami hadirkan yang netral. Sehingga bisa obyektif memandang sejarah Indonesia. Indonesia yang begitu kaya akan keberagaman, harus terus dijaga," tambah dia.

Masih katanya, ada ratusan bahasa yang dimiliki suku. "Beruntung kita mempunyai Bahasa Indonesia, sebagai bahasa persatuan," lanjutnya. Seminar itu sendiri, menghadirkan pata dosen dari beberapa daerah di Indonesia. Diharapkan, nantinya bisa mengimbaskan di lembaga pendidikan masing masing. 

Mencintai dan penguatan sejarah bangsa, bisa juga menumbuhkan semangat nasionalisme. Dari data yang ada, Indonesia terdiri dari 16.056 pulau, 2,01 juta km daratan, 3,25 km lautan, 34 propinsi dan 519 kabupaten atau kota. (mp/ameg)


Viewer 34

Similar Post You May Like