Sayembara lagu arema berhadiah menarik bagi pemenang, ayo kirimkan jawabanmu dengan sms ke : 0818383911, Pemenang akan diumumkan tanggal 31 Agustus 2019. Link video ada di berita ya !

Kota Batu

Kota Batu -09- 02 16:51

Perupa Gorontalo Tampilkan Karyanya di Kota Batu


karya seni dari tupalo yaitu komunitas seni asal gorontalo dipamerkan di kota batu


ameg.id- Gorontalo mungkin tak mencatatkan namanya dalam pusaran medan magnet Seni Rupa Indonesia seperti Bali, Yogyakarta, Bandung maupun Jakarta. Tetapi bukan berarti Gorontalo tak mengambil bagian dalam ekosistem Seni Rupa Indonesia. Spirit berkesenian itu besar melalu komunitas yang mendeklarasikan namanya yaitu Tupalo. 

Komunitas ini terbentuk pada 2013 silam dan pada 2018 lalu nama Tupalo sendiri disematkan saat para perupa Gorontalo menggelar Pameran Seni Rupa di Galeri Nasional.

32 Karya Seni Rupa ditampilkan dalam pameran Seni Rupa 'Pijar Timur' yang digelar di Studio Jaring, Desa Bulukerto, Kota Baru. Karya tersebut merupakan karya dari 16 perupa Gorontalo dan 8 perupa undangan dari Jakarta, Malang, Bandung. Karya yang ditampilkan pernah dipamerkan di Galeri Nasional pada 2018 lalu. Karya yang ditampilkan sangat adaptif dengan menampilkan karya-karya yang tak melulu terpaku pada media kanvas. Mereka menampilkan beragam teknik, media dan langgam mulai Mix Media, Instalasi hingga Fotografi. 

Iwan Yusuf salah satu perupa yang hadir dalam pameran seni inin mengatakan, "spirit kesenian yang ditampilkan Tupalo merupakan kolaborasi dalam menapaki langkahnya dijalur Kesenian. Seperti namanya, Tupalo dalam Bahasa Gorontalo bermakna 'Sumber Air yang Memancar'. Pancaran itu menjadi sebuah entitas komunitas Tupalo mengaktualisasikan gagasannya dalam hiruk pikuk Seni Rupa Indonesia. (dk)


Viewer 90

Similar Post You May Like