Selamat Datang Di Aremamediaonline berita Cepat, Tanggap dan Akurat

Kota Batu

Kota Batu -03- 22 18:25

Polres Batu Awasi Ketat Penyebaran Hoax Jelang Pemilu 2019


istimewa


aremamediaonline.com- Sebanyak 3.628 personil disiagakan untuk pengamanan Pemilu serentak yang digelar pada 17 April 2019 nanti. Para personil pengamanan, Jum'at pagi, (22/3) mengikuti gelar pasukan bertema 'Tingkatkan Sinergitas TNI-Polri dengan Komponen Bangsa Lainnya Guna Mewujudkan Keamanan Dalam Negeri yang Kondusif', di Alun-alun Kota Batu. 

Antisipasi kerawanan akan ditingkatkan lebih ekstra pada masa kampanye terbuka yang akan dimulai 24 Maret hingga 13 April mendatang. Unsur keamanan melibatkan 352 Polri, 100 TNI, dan 3176 Linmas.

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto mengatakan, nantinya akan dibantu beberap OPD Pemkot Batu, mulai dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batu, Dinas Perhubungan Kota Batu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Tagana. Serta melibatkan juga Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Batu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, dan sebagainya.

Tampak hadir dalam apel ini diantaranya, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Kepala BNN Kota Batu AKBP Mudawaroh, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu Sry Heny Alamsari, Ketua Bawaslu Kota Batu Abdur Rochman, dan sebagainya.

Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto memimpin langsung jalannya kegiatan gelar pasukan. Menurutnya hoaks menjadi prioritas utama yang perlu ditangkal menjelang pemilu. Ia secara tegas memperingatkan agar menindak tegas para penyebar hoaks. 

Hal ini dilakukan sebagai penegasan atas instruksi Menko Polhukam RI, Jenderal TNI (Purn) Wiranto. Penyebaran hoaks melalui media sosial membuat demokrasi menjadi tidak sehat dan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Politisasi identitas menggunakan SARA menghilangkan rasionalisasi, hal ini menjadi teror kepada masyarakat, pelaku harus diambil tindakan tegas,” ujar Kapolres membacakan sambutan Menko Polhukam.

Kapolres mengatakan karena penyebaran hoaks ini merupakan delik aduan, maka pihaknya akan menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan Bawaslu melalui Gakkumdu.

Polres Batu akan melaksanakan pengamanan yang serempak dan masif, diawali dengan gelar pasukan bertemakan Pola pengamanan yang akan dilaksanakan adalah pola pengamanan kampanye, pengamanan TPS dan patroli skala besar secara periodik.

Tingkat kerawanan lainnya di Kota Batu berupa perusakan alat peraga kampanye yang diindikasikan dirusak pihak lawan ataupun dirusak sendiri oleh peserta pemilu.

"Dengan catatan ingin mengambil simpati,” timpal Budi.

APK yang rawan  perusakan dilihat dari penataan letaknya. Apakah rawan terkena angin dan kekekohan saat mendidirkan APK.

”Dan hal ini sudah ditemukan di beberapa titik. Bagi masyarakat yang melihat ada yang melakukan ini, coba menginformasikan kepada Polres Batu,” tutup Buher. (dk/ameg)


Viewer 73

Similar Post You May Like