Kota Malang

Kota Malang -01- 27 16:27

POTENSI TNBTS BISA DI KEMBANGKAN MENJADI GEOPARK


Bromo


Jumat ( 24/01/20 ), Badan Koordinasi Wilayah 3 (Bakorwil) 3 Malang berserta Rombongan Bappenas Ri ,kemenparekraf dan staleholder survey lokasi rencana pembangunan geopark, di kawasan bromo tengger semeru.

Rencana pembangunan Geopark ini untuk mendukung sektor pariwisata,  serta ekonomi masyarakat dan pembangunan ini bakal tetintegrasi dengn TNBTS.

Kasubdit geologi mineral pertambangan dan panas bumi BAPPENAS - Togu Pardede mengatakan , Kunjungan Bapenas dan Rombongan Ini, dalam rangka mensurvey di mana saja titik Geosite yang ada di BTS. Untuk menetapkan sebuah wilayah jadi Geopark, diperlukan paling tidak 20 Geosite.

“ Geopark ini sebenarnya Kawasan pembangunan yang berkelanjutan, yang mana didasarkan oleh warisan biologi yang dikaitkan dengan keanekaragaman hayati atau biologi, dan juga keanekaragaman budaya.” kita sudah punya peraturan presiden , yang dikeluarkan tahun lalu, mengenai pengamanan geopark. Nah, jadi geopark ini sudah menjadi bahan untuk sidaksional , memang dicanangkan dan dilaksanakan”

Bromo tengger semeru warisan biologi yang bukan hanya secara nasional, tapi juga internasional. Sehingga, diharapkan Bromo Tenggar Semeru ini bisa menjadi geopark.  

Lebih lanjut Togu menyebut, Keberadaan Geopark akan semakin memudahkan promosi pariwisata ke kancah inter national. “Geoprak harus terdiri dari 3 Pilar, Suatu Kawasan bisa menjadi diopak kalau punya geodefersity , biodefersity , dan culturdefersity . BTS bahkan harus punya itu semua. Tinggal kita identifikasi mana mana yang akan menjadi Geosite” .

Selain 3 pilar Manajemen  juga ada 3 point pilar Pertama mengkonservasi , mengedukasi , dan meningkatkan ekonomi masyarakat. 

Geopark ini berbeda dengan Kawasan Kawasan konservasi lain. Justru disini dengan mengkonservasi , juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Dalam kunjungan Bapenas ini ikut juga Bakorwil 3 Malang. kepala Bakorwil III Pemerintahan dan Pembangunan di Malang Drs. Sjachul ghulam, mm mengatakan, untuk mendorong keberadaan Geopark Bakorwil mengakomodir semua kebutuhan untuk rencana pembangunan geopark.

“ Segala sesuatu yang berkaitan dengan Bakorwil 3 malang itu ya salah satunya di lintas malang yang dilintasi pasuruan dan probolinggo itu di 3 wilayah itu. Jadi, mau tidak mau , saya harus mengawasi menjembatani. Kan berkaitan dengan Perpres 80 Percepatan pembangunan ekonomi terus jaya. Harus saya fasilitasi , agar tidak buntu di lapangan , baik Kabupaten maupun di Propinsi.(el/cg)


Viewer 114

Similar Post You May Like