Selamat Datang Di Aremamediaonline berita Cepat, Tanggap dan Akurat

Seni Budaya

Seni Budaya -04- 20 18:23

Ragam Tarian Meriahkan Festival KBP 2


saat festival kampung budaya polowijen yang ke 2


ameg.id- Festival Kampung Budaya Polowijen #2 yang di selenaggarakan selama 2 hari sampai dengan minggu besok. Usia berdiri KBP di bilang relatif muda dan baru, tapi banyak  dilihat dari agenda rutin dan event yang di selenggarakan di KBP terbilang kampung tematik yang berbasis budaya di Kota Malang paling banyak dan sangat produktif,hal ini terselengara pada Sabtu (20/4/2019).

Tak tanggung-tanggung, di Acara pembukaan Festival KBP ke 2 di meriahkan lebih dari 20 ragam jenis tari tarian baik tari topeng, tari ritual, tari tradisional, tari kreasi, tari dolanan, termasuk tari kontemporer.

Ajakan Ki Demang Penggagas KBP adalah, “Mari kita rayakan HUT KBP dengan suka cita, gembira dan bahagia, bahwa merawat tradisi, melestarikan budaya dapat membangun harmoni antara anak bangsa” jelasnya.  

Pementasan tari tidak hanya berasal dari warga KBP saja melainkan kolaborasi dari Sanggar Sumberawan Singosari yang diiringi gamelan dari Ikatan Keluarga Banyuwangi di Kota Malang, selain itu beberapa sumbangan tarian dari mahasiswa Jurusan Seni dan Desain UM  turut memeriahkan festival KBP.    

Acara yang di hadiri oleh Kabid Kebudayaan Disbudpar Kota Malang, Achmad Supriadi, SE, MM. sekaligus membuka festival KBP secara resmi. 

Dalam sambutannya, Disbudpar Kota Malang merasa bangga terhadap KBP sebagai salah satu kampung tematik berbasis wisata budaya yang tumbuh dan berkembang secara mandiri semua berangkat dari kesadaran masyarakat.

“Ini satu satunya kampung budaya di Kota Malang yang paling eksis yang sudah di kenal ke mancanegara, maka pemerintah kedepan akan membantu peningkatan kapasitas SDM KBP dalam betuk kegiatan kesenian seperti latihan menari, gamelan, kegiatan saresehan dan semua akan dikolaborasikan dengan kegiatan dinas melalui musrenbang” ungkapnya.

Acara Festival KBP yang ke 2 ini, malamnya dilanjutkan dengan sarasehan Kampung Budaya Polowijen yang akan di hadiri oleh Djatmiko Ketua Komite Kebudayaan Kota Malang dan Purnomo Anshori Ketua Pokdarwis Propinsi Jawa Timur yang mengangkat tema Mewarisi Tradisi Merajut Harmoni, melestarikan Budaya Mengebangkan wisata.

Acara di meriahkan dengan tarian ritual srimpi limo dan alunan musik deting dan cetikan angklung dari kampung cempluk sebanyak 40 personil.

Minggu 21 April 2019 acara digelar dalam bentuk peringatan Hari Kartini di KBP yang di Hadiri Dra. Zubaidah, MM Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang yang di meriah 200 siswa dari SD di Lingkungan Polowijen yang semua akan berpakaian kartinian. 

Acara diarak dengan Drum Band dari SDN Polowijen 3 dan sesampai di KBP akan diajak menari bersama setelah itu semua siwa akan mengikuti lomba-lomba. Diantaranya Lomba busana tradisional, menari, mendongeng, baca puisi dan nembang,pungkasnya. (*/ameg)


Viewer 111

Similar Post You May Like