Sayembara lagu arema berhadiah menarik bagi pemenang, ayo kirimkan jawabanmu dengan sms ke : 0818383911, Pemenang akan diumumkan tanggal 31 Agustus 2019. Link video ada di berita ya !

Kesehatan

Kesehatan -10- 14 16:45

Rasakan Manfaat JKN-KIS, Berharap Seluruh Peserta Bayar Iuran Tepat Waktu


Yasinta Irinne Mariana


ameg.id- Saat ditemui oleh tim Jamkesnews, Jumat (11/10) perempuan yang ditemui pada saat sosialisasi di BPJS Kesehatan Kantor Cabnag Malang ini kemudian mengemukakan isi hatinya tentang pengalaman orang tuanya yang saat ini menjalani pengobatan menggunakan kartu JKN KIS.

Yashinta Irinne Mariana yang kesehariannya merupakan seorang Jaksa Pengacara Negara (JPN) bersedia untuk menceritakan pengalamannya dalam menggunakan Kartu JKN-KIS untuk pengobatan Hemodialisa orang tuanya.  “Gaji saya yang terpotong sebesar 2%, jarang saya manfaatkan hingga ketika ayah saya jatuh sakit. Tetapi seiring berjalannya waktu saya jadi mengerti ketika ayah saya sakit ternyata manfaatnya itu kembali kepada kita sendiri, saya sudah mengalami,” cerita Yashinta.

Hemodialisa adalah metode pencucian darah dengan membuang cairan berlebih dan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh melalui alat dialysis untuk menggantikan fungsi ginjal yang rusak. Hemodialisa ini dilakukan apabila ginjal tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya atau disebut gagal ginjal.

Ayah saya melakukan Hemodialisa sebanyak beberapa kali dan seingat saya sekali cuci darah hampir satu juta  rupiah apabila membayar sendiri. Dan itu dalam seminggu diperlukan lebih dari satu kali. Kita semua dapat menghitung berapa banyak biaya yang diperlukan untuk pengobatan hemodialisa setiap orangnya.

“Bisa dibayangkan apabila tidak dijamin oleh Program JKN-KIS tentu pembayarannya pasti sangat mahal. Dan untuk penyakit ayah saya memang harus dilakukan hemodialisa. Dari awal berobat kami menggunakan kartu JKN KIS.  Setelah merasakan manfaat Program JKN-KIS ini, saya merasa lega karena semua dapat dijamin oleh JKN-KIS, pelayanan di rumah sakit pun tidak ada perbedaan, sama saja,”ujarnya.

Yashinta ingin berpesan kepada seluruh masyarakat agar segera mendaftarkan dirinya dan keluarganya sebagai peserta JKN-KIS, sebab sebagai manusia kita tidak pernah tau kapan kita akan jatuh sakit. Apabila sudah menjadi peserta harus rutin membayar iuran serta berusaha menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit. “Program JKN-KIS ini bersifat gotong royong, yang sehat membantu yang sakit. Walaupun tidak pernah menggunakan, tapi di luar sana banyak sekali peserta JKN-KIS yang merasakan manfaatnya,” ungkap Yashinta.(ar/ep/jnr/ameg)


Viewer 57

Similar Post You May Like