Sayembara lagu arema berhadiah menarik bagi pemenang, ayo kirimkan jawabanmu dengan sms ke : 0818383911, Pemenang akan diumumkan tanggal 31 Agustus 2019. Link video ada di berita ya !

Kota Batu

Kota Batu -08- 01 12:44

Ringankan Beban, Dinsos Beri Insentif 431 Lansia se-Kecamatan Kota Batu


istimewa


ameg.id- Sebanyak 431 lanjut usia (lansia) yang tinggal di Kecamatan Batu, Kota Batu menunjukkan wajah bahagia. Pasalnya, Kamis (1/8) pagi di Gedung LVRI Kota Batu melalui program pemberdayaan bantuan insensif bagi lansia dari Pemkot Batu melalui Dinas Sosial mulai dibagikan. 

Setiap lansia menerima bantuan uang sebesar Rp 500 ribu perbulan dengan pemberian enam bulan sekali. Artinya dalam pemberian tahap pertama ini setiap lansia menerima uang Rp 3 juta.

Kapala Dinsos Kota Batu Ririck Mashuri mengatakan, pemberian insentif yang diberikan mulai bulan Januari - Juni 2019. Dengan penerima bantuan dari dan melalui usulan desa. Kemudian Dinsos melalukan verifikasi langsung ke alamat penerima. 

Ia menejelaskan kriteria penerima bantuan adalah lansia berusia 60 tahun ke atas, berdomisili di Kecamatan Batu, tidak memiliki penghasilan tetap atau miskin, sakit menahun dan tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari, serta terlantar secara psikis dan sosial, dan tidak bisa bekerja.

"Target tahun ini 1036 lansia mendapatkan bantuan di tiga kecamatan. Program pemberdayaan bagi lansia ini bertujuan untuk meringankan pemenuhan kebutuhan dasar hidup," ujar Ririck kepada Malangpostonline.com pagi ini.

Lebih lanjut, untuk pemberian bantuan diungkap Ririck diberikan secara tunuai. Sesuai aturan jika vantuan dibawah Rp 5 juta boleh dicairkan secara tunai. 

"Sesuai aturan boleh diberikan secara tunai. Sementara bagi lansia yang tidak hadir petugas langsung mendistribusikan ke alamat penerima by name by dress sesuai instruksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dengan bukti foto," bebernya.

Untuk kali ini, bantuan diberikan kepada 431 lansia yang tinggal di Kecamatan Batu. Sedangkan sebelumnya di Kecamatan Bumiaji kepada 285 lansia dan tidak terdistribusi 29 orang karena penerima meninggal dunia. Secara tak langsung dana yang tidak tersalur tersebut akan dimasukan ke Kasda. 

Sementara itu, menurut Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, pemberian ini menjadi yang kedua setelah kemarin Kecamatan Bumiaji dan nanti berlanjut ke Kecamatan Junrejo.

"Memang tidak seberapa, tapi semoga bisa membantu dan dirasakan oleh lansia. Semoga mereka bisa hidup lebih baik mulai asupan gizi hingga kebutuhan dasar," ungkap Dewanti yang turut hadir dalam pemberian insentif di Gedung LVRI.

Dewanti berharap, dengan diberikan bantuan per enam bulan bisa menjadikan mereka bahagia dan sehat. Yang terpenting bukan hanya pembagiannya. Tapi menurutnya pelaporan kelengkapan administrasi kepada penerima. 

Wijiati, Salah satu penerima dari Kelurahan Songgokerto mengaku sangat senang menerima bantuan. Ia mengaku bantuan bisa meringankan beban hidupnya untuk makan dan keperluan sehari-hari. 

"Ini pertama kalinya menerima bantuan. Rasanya senang sekali karena sangat membantu. Apalagi saya hanya tinggal bersama cucu di rumah karena anak saya sudah rumah tangga dan semuanya jauh-jauh," pungkasnya. (mp/ameg)


Viewer 18

Similar Post You May Like