Selamat Datang Di Aremamediaonline berita Cepat, Tanggap dan Akurat

Kota Batu

Kota Batu -03- 14 17:03

Sejumlah Kepala Sekolah Di Kota Batu Terseok-Seok Tanpa Kepala Sekolah Definitif


sejumlah kepala sekolah di kota batu terseok-seok tanpa kepala sekolah definitif


aremamediaonline.com- Sejumlah sembilan lembaga pendidikan formal di Kota Batu masih dijabat kepala sekolah yang statusnya belum definitif atau Plt. Status plt kepala sekolah itu terdapat di dua jenjang pendidikan, SD dan SMP. 

Yakni, SDN Sisir 5, SDN Ngaglik 3, SDN Mojorejo 1, SDN Tkelung 1, SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, dan SDN Temas 1.

Ketua PGRI Kota Batu, Samun mengatakan, Plt kepala sekolah terbatas, tak memiliki kewenangan strategis. Seperti pencairan anggaran untuk bantuan sekolah, penyelenggaraan ujian, administrasi peserta ujian, dan lainnya.

Pihaknya mengalami kesulitan dalam memberikan jabatan kepala sekolah. Pucuk pimpinan di setiap sekolah ini harus mengantongi sertifikat dari LPPKS (Lembaga Pengembangan Pemberdayaan Kepala Sekolah). Tentunya persyaratan harus dipenuhi untuk mendapatkan sertifikat LPPKS.

"Masa kerja minimal lima tahun, lalu ijazah harus linier. Menempuh sertifikasi khusus kepala sekolah selama lima bulan," ujar Samun.

Untuk ijazah sebenarnya bisa sekolah lagi, tetapi pastinya butuh waktu. Belum lagi menunggu stok dari di Badan Diklat Sertifikat. 

"Biasanya waktu itu yang jadi pertimbangan mereka. Belum nanti masalah usia yang mendekati masa pensiun," imbuhnya.

Masa jabatan Plt kepala sekolah, setidaknya selama satu tahun. Setelah masa jabatan satu tahun itu berakhir, maka dicarikan pengganti atau diperpanjang. Rata-rata kepala sekolah ini diperpanjang masa jabatannya. Karena dipastikan tidak sampai ada kekosongan jabatan kepala sekolah.

Sementara itu, Walikota Batu, Dewanti Rumpoko menekankan percepatan penempatan kepala sekolah definitif. Hal ini agar tak terjadi hambatan dalam melaksanakan proses belajar-mengajar dan urusan administrasi.

"Karena apa ketika kelulusan ini ijazah anak-anak sekolah ini butuh tanda tangan kepala sekolah definitif. Masa Plt ini untuk mengisi jabatan kepala sekolah yang pensiun," seru Dewanti.

Untuk itu, Dewanti memberi mandat kepada Dinas Pendidikan Kota Batu untuk mendata para tenaga pendidik yang telah mengantongi sertifikat. Hal itu menjadi alternatif untuk mengisi jabatan kepala sekoah definitif. (dk/ameg)


Viewer 52

Similar Post You May Like