Selamat Datang Di Aremamediaonline berita Cepat, Tanggap dan Akurat

Kota Batu

Kota Batu -04- 09 16:30

Selama Dua Tahun Keluarga di Desa Bumiaji Huni Bekas Kandang Kambing


selama dua tuhan keluarg di bumiji huni bekas kandang kambing


aremamediaonline.com- Warga yang hidup di bawah garis kemiskinan masih ditemui di Kota Batu. Salah satu contohnya ada di Dusun Banaran, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Di dusun tersebut ditemui sebuah keluarga yang tinggal di sebuah bekas kandang kambing. Kandang itu ia renovasi dengan material seadanya untuk dijadikan rumah.

Sumarto selaku kepala keluarga tinggal di rumah, bekas kandang kambing itu bersama istri dan kedua anaknya yang kini berusia 15 tahun dan 6 tahun. Sebagai buruh harian lepas, penghasilannya tak menentu. Ia mengaku, untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari saja masih kebingungan.

Tempatnya berteduh bersama istri dan anaknya, masih jauh dari kategori layak. Dinding yang terbuat dari susunan bilah-bilah bambu masih menyisakan celah. Celah-celah itu ia tutup dengan sisa-sisa potongan triplek. Atapnya pun sudah keropos sehingga air masuk melalui celah-celah genting.

Pria berusia 49 tahun itu telah mendiami bekas kandang kambing itu sejak dua tahun lalu. Sebelumnya ia tinggal berpindah-pindah menumpang di rumah saudaranya. Lalu ia terdorong untuk memiliki rumah sendiri 

"Saya ingin bisa segera diperbaiki. Kalau hujan, bocor, kalau panas ya kepanasan. Awalnya berpindah-pindah menumpang di rumah saudaranya," ujar Sumarto.

Keinginannya memiliki tempat tinggal sendiri terjawab meskipun rumah yang ia tempati tak layak. Ia membeli lahan bekas kandang kambing dari seorang temannya.

"Saya mau menyewa di tempat yang lebih layak tak mampu. Saya terima apa adanya begini," ungkap dia.

Beberapa tahun lalu, ia sempat menerima kabar jika rumahnya akan direnovasi melalui program pemerintah. Namun hingga saat ini belum juga terlaksana.

Melihat kondisi keluarga Sumarto yang hidup di garis kemiskinan, membuat anggota DPRD Kota Batu, Heli Suyanto mengambil sikap. Ia mendorong Pemkot Batu melalui Dinas Sosial untuk memberikan bantuan program bedah rumah kepada keluarga Sumarto.

Heli mengatakan awalnya ia menerima laporan dari rekannya, jika ada salah satu keluarga yang tinggal di bekas kandang kambing. Seketika, ia langsung mendatangi rumah Sumarto dan memastikan jika Sumarto merupakan warga Kota Batu.

"Saya sudah laporkan ke Dinas Sosial. Saya kawal sampai dia dapat rumah layak. Dengan adanya pos APBD yang disiapkan untuk program bedah rumah, saya akan mengawal program bedah rumah pada Pak Sumarto hingga bisa direalisasikan," tegas Heli. (dk/ameg)


Viewer 125

Similar Post You May Like