Sayembara lagu arema berhadiah menarik bagi pemenang, ayo kirimkan jawabanmu dengan sms ke : 0818383911, Pemenang akan diumumkan tanggal 31 Agustus 2019. Link video ada di berita ya !

Kota Malang

Kota Malang -08- 19 10:05

Tahu Harga Obat yang Dikonsumsi, Almira Bersyukur Gabung JKN-KIS


almira yuniar kalyca, peserta jkn-kis


Jamkesnews, ameg.id- Almira Yuniar Kalyca (19) merupakan peserta JKN-KIS yang terdaftar dari segmen anak pekerja penerima upah. Ia adalah satu dari sekian banyak peserta Program JKN-KIS yang telah merasakan manfaat dari berjalannya program jaminan kesehatan ini.

Suatu penyakit tidak ada yang tahu kapan akan datang dan akan menimpa siapa, apakah itu anak-anak ataupun orang dewasa dapat terserang penyakit sewaktu-waktu tanpa diduga. Hal tersebut dirasakan oleh Almira, remaja asal Kelurahan Sawojajar Kota Malang. Tak pernah menyangka dirinya akan merasakan sakit yang tiba-tiba yang sebelumnya belum pernah ia alami.

"Awalnya ketika liburan semester saya pulang ke rumah, karna saya kuliah di Surabaya dan ngekos, lalu ketika akan selesai liburan saya terkena demam berdarah sehingga saya belum bisa masuk kuliah. Namun ketika sudah mulai merasa sembuh saya memberanikan masuk kuliah pergi ke kota perantauan. Hari pertama saya masuk saya pingsan hingga akhirnya saya dibawa oleh teman-teman saya ke rumah sakit terdekat langsung dilakukan perawatan intensif. Di sana saya diperiksa dokter, hasilnya saya didiagnosis terserang penyakit yang mengganggu ingatan saya," kata Almira.

Dengan menggunakan JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, Almira dan ibunya merasa puas sebab hampir keseluruhan biaya ditanggung JKN-KIS, mulai dari perawatan saat di rumah sakit hingga kontrol rutin paska keluar dari rumah sakit. Almira masih harus kontrol setiap minggu. Almira pun menyebut pelayanan dengan menggunakan JKN-KIS sangat prima dan petugas di rumah sakit juga tidak ada perbedaan dengan pasien umum.

"Alhamdulillah dengan menggunakan JKN-KIS ini bisa mengurangi beban orang tua saya. Waktu saya dirawat juga perawatnya ramah dan sabar terhadap saya dimana saat itu saya masih belum bisa mengendalikan emosi saat tau pertama kali bila saya di rawat di rumah sakit," ujar Almira.

Ketika paska keluar rumah sakit ia harus menjalani rawat jalan, disitulah Almira menyadari bahwa obat yang ia harus konsumsi rutin harganya jutaan rupiah. ‘’Ketika saya tau kalau harga obatnya jutaan disitu saya tersadar bersyukurnya ada BPJS Kesehatan, nggak terbayangkan kalau orang tua saya harus rutin membeli obat itu,’’ tutur Almira.

Dengan banyaknya manfaat yang telah diterima, Almira berharap Program JKN-KIS dapat terus berjalan dan terus dikelola secara optimal agar pelayanannya tetap prima dan semakin baik. Sebab saat ini telah banyak membantu masyarakat untuk berobat baik ke Puskesmas maupun ke rumah sakit. Selain itu ia juga mengimbau kepada masyarakat yang belum menjadi peserta JKN-KIS, agar segera mendaftar, karena kapan kita akan sakit tidak ada yang tau. (ar/ep/jnr/ameg)

Narasumber: Almira Yuniar Kalyca


Viewer 58

Similar Post You May Like